Kediri

"Menghadapi Tantangan Kenaikan Harga Pangan, Mas Dhito Bersiap dengan Warehouse dan Tempat Pengeringan Gabah"

Damar Emas
  • Senin, 4 Desember 2023 | 19:55
Menghadapi Tantangan Kenaikan Harga Pangan, Mas Dhito Bersiap dengan Warehouse dan Tempat Pengeringan Gabah

DAMAREMAS.COM ,Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, di bawah kepemimpinan Bupati Mas Dhito, proaktif mengatasi kenaikan harga pangan dengan menggelar program pangan murah dan penyerahan bantuan sosial.

Melihat tren kenaikan harga beras yang diprediksi berlanjut hingga Februari 2034, Mas Dhito menegaskan komitmen menjaga ketahanan pangan.

Dalam upaya ini, Kabupaten Kediri berfokus pada pengelolaan stok gabah yang mencapai 164-165.000 ton/tahun, sedangkan kebutuhan sekitar 120.000 ton/tahun. Mas Dhito telah memerintahkan pembangunan warehouse untuk penyimpanan produk dan tempat pengeringan gabah guna menjaga ketahanan pangan di daerah ini.

Menghadapi Tantangan Kenaikan Harga Pangan, Mas Dhito Bersiap dengan Warehouse dan Tempat Pengeringan Gabah
"Hari ini kita memberikan bantuan pangan kepada warga kurang mampu sebagai langkah awal," ujar Mas Dhito sambil memantau kegiatan penyaluran bantuan di Desa Sidomulyo.

Bantuan sosial berupa beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, dan gula 3 kg disalurkan kepada 100 warga. Kerjasama erat dengan berbagai pihak, termasuk BUMN, perusahaan, peternak, dan petani, menjadi kunci kesuksesan kegiatan pangan murah ini.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, menjelaskan bahwa harga bahan pangan yang disediakan dalam kegiatan ini dijual di bawah harga pasaran, membantu meringankan beban warga. Telur, gula, beras, dan minyak dijual dengan harga lebih terjangkau.

Tutik juga memaparkan bahwa kegiatan pangan murah dan penyaluran bantuan sosial dilakukan di sepuluh lokasi berbeda. Antusiasme warga terlihat tinggi, dengan stok beras mencapai 3,5 ton dan penyaluran bantuan modal kepada lima warga untuk meningkatkan pendapatan mereka.

"Bantuan modal ini sebagai upaya Mas Bupati untuk mensupport warga dalam peningkatan pendapatan," tambah Tutik, menyoroti komitmen penuh Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menjaga ketahanan pangan dan mendukung kesejahteraan masyarakat.

Reporter:sono

 

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya

google.com, pub-7374933357971941, DIRECT, f08c47fec0942fa0