Internasional

Puluhan Ribu Orang Menjadi Korban Perang Rusia – Ukraina, Tak Hanya Luka Dan Tewas Namun Juga Kesehatan Mental

Damar Emas
  • Jumat, 10 Februari 2023 | 08:57
Korban Perang Ukraina (Facebook / Military circle ID)



DAMAREMAS.COM - 
Perang antara dua negara yang cukup menyita perhatia yakni Rusia dan Ukraina telah berlangsung sejak tahun 2014. Perang ini dimulai ketika kekuatan militer Rusia memasuki Ukraina.

Selama hampir sembilan tahun berlangsung, sebagain besar orang telah terkena dampak dari konflik. Korban dari perang besar ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari usia muda hingga anak-anak.

Perang Rusia-Ukraina telah berdampak pada ribuan orang di seluruh Ukraina. Setidaknya 13.000 orang telah tewas selama konflik ini berlangsung. Pada tahun 2019, hampir 27.000 orang telah terluka akibat dari agresi militer Rusia.

Baca juga : Berbagai Jenis Senjata Yang Digunakan Dalam Perang Rusia Dan Ukraina


Korban yang paling berdampak adalah warga sipil. Hampir 50 persen korban tewas atau terluka adalah warga sipil. Hal ini disebabkan karena serangan lebih banyak dilakukan di kawasan yang dihuni oleh warga sipil.

Selain itu, sebagian besar anak juga telah terkena dampak dari konflik ini. Menurut United Nations Children's Fund (UNICEF), sekitar 1,2 juta anak di Ukraina telah terpengaruh secara langsung oleh perang.

Baca juga : Rangkaian Senjata Yang Digunakan Rusia Untuk Menyerang Ukraina, Termasuk Di Bidang IT Dan Cyber


Sebanyak 4,4 juta orang di Ukraina telah terpengaruh oleh konflik, dan hampir 2 juta orang telah meninggalkan rumah mereka akibat perang. Pengaruh besar dirasakan oleh anak-anak yang sangat mempengaruhi mental dan juga psikis mereka.

Selain itu, sekitar 1,8 juta orang telah menjadi pengungsi pada tahun 2019. Mereka mulai meninggalkan tempat tinggal dan mencari tempat yang dirasa lebih aman untuk kehidupan mereka.

Baca juga : Deretan Bantuan Yang Diterima Ukraina Dalam Perang Melawan Rusia


Konflik ini juga telah menyebabkan kerusakan besar di seluruh wilayah Ukraina. Selain itu, ada sekitar 1.600.000 orang yang terkena dampak dari kerusakan infrastruktur di seluruh wilayah Ukraina.

Korban lainnya adalah orang yang terkena dampak dari pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Pemerintah Ukraina telah melaporkan bahwa sekitar 24.000 orang telah menjadi korban pelanggaran HAM selama konflik ini berlangsung.

Pelanggaran HAM ini telah menyebabkan banyak penderitaan bagi warga sipil. Penculikan telah terjadi, dan beberapa orang telah diasingkan di beberapa tempat di Ukraina Timur.

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya