Kediri

Bupati Kediri Dukung Pelestarian Pencak Dor, Ini Pesannya untuk Pemuda!

Damar Emas
  • Senin, 10 Juni 2024 | 09:01
Meski menggunakan ring bambu, panitia sudah menyiapkan penanganan medis untuk para petarung(doc. Kominfo Kabupaten Kediri)

DAMAREMAS.COM, Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama Forkopimda menyaksikan pertandingan Pencak Dor di Lapangan Desa Duwet, Kecamatan Wates, Sabtu malam (8/6/2024).

Pertandingan ini diikuti puluhan petarung dalam 25 partai utama dan 15 partai tambahan. Di hadapan ribuan penonton, Mas Dhito menyapa para petarung dari Bumi Panjalu dan menyampaikan pesannya.

"Ini kearifan lokal. Pemuda Kediri bisa menyalurkan energi di Pencak Dor," ujar Mas Dhito.

Pertandingan ini sudah tiga kali diadakan oleh Desa Duwet, menarik petarung dari Kediri dan daerah lain. "Ini akan jadi ikon Desa Duwet," tambahnya.

Meski menggunakan ring bambu, panitia sudah menyiapkan penanganan medis untuk para petarung. Mas Dhito berharap Pencak Dor bisa menghindarkan pemuda dari perkelahian jalanan, dengan wasit yang mengawasi jalannya pertandingan.

"Salurkan energi berlebih di Pencak Dor, bukan di jalanan," pesan Mas Dhito.

Petarung Joni Hunter merasa bangga dengan dukungan Mas Dhito terhadap Pencak Dor. "Saya tetap semangat membela Kediri," katanya.

Kepala Desa Duwet, Gogik Hananta, mengapresiasi dukungan Bupati dan Forkopimda. "Harapannya bisa diadakan setiap tahun dan menjadi ikon desa," ujarnya.

Untuk pengamanan acara, selain dari kepolisian dan TNI, juga melibatkan relawan dan pemeriksaan ketat di pintu masuk./sono

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya