Kediri

Mas Dhito Ingatkan Pemanfaatan Dana Pajak dan Retribusi Desa

Damar Emas
  • Jumat, 7 Juni 2024 | 16:02
Pemanfaatan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah untuk pengembangan desa(doc. Diskominfo Kabupaten Kediri)

DAMAREMAS.COM, Kediri - Kediri - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, mengingatkan pentingnya pemanfaatan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah untuk pengembangan desa. Dana ini telah disalurkan ke tiap desa untuk tahun anggaran 2024.

Ada tiga poin utama yang harus diperhatikan:

1.Penetapan dan Penegasan Batas Desa: Dana ini harus digunakan untuk menyelesaikan batas-batas desa yang bersinggungan guna menghindari konflik dan meningkatkan ketertiban administrasi pemerintahan desa.


2.Pelaksanaan Kegiatan Pajak dan Retribusi: Minimal 15 persen dari dana harus digunakan  untuk kegiatan optimalisasi pajak bumi dan bangunan (PBB).


3.Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa: Dana juga dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, lembaga desa, dan operasional pemerintah desa lainnya.


Kepala DPMPD Kabupaten Kediri, Agus Cahyono, menjelaskan bahwa besaran dana yang diterima setiap desa bervariasi, dengan jumlah minimum Rp65,4 juta dan maksimum Rp274,7 juta. Dana ini telah ditransfer ke rekening desa masing-masing sejak 16 Mei.

Mas Dhito mengingatkan kepala desa untuk mematuhi aturan penggunaan dana tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan desa.

Admin: sono

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya