Kediri

Pasangan Calon Independen Pilkada Kota Kediri 2024-2029: Ronny Siswanto dan Fadloly Iwa Kusuma

Damar Emas
  • Senin, 13 Mei 2024 | 04:02
Ilustrasi perebutan kursi Walikota Kediri. (AI/tr)

DAMAREMAS.COM, Kediri - Pasangan calon perseorangan Pilkada Kota Kediri, Jawa Timur, Ronny Siswanto dan tim suksesnya, menyerahkan pengajuan syarat dukungan untuk posisi Walikota dan Wakil Walikota Kediri periode 2024-2029, Ahad (12/5/2024). Ronny Siswanto menyerahkan sebanyak 24 ribu dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri.

Ronny Siswanto, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Solidiaritas Indonesia (PSI) Kota Kediri, bersama pasangannya Fadloly Iwa Kusuma, kader Partai Gerindra, memanfaatkan batas akhir pendaftaran bakal calon Walikota Kediri untuk menyerahkan pengajuan syarat dukungan. Ia dan tim suksesnya tiba di kantor KPU Kota Kediri pada pukul 22.30 WIB dan disambut oleh Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, beserta jajarannya.

Ronny mengungkapkan bahwa ada dua “jalan ninja” menuju Balai Kota Kediri. Jalan utama adalah berkoalisi dengan partai, sedangkan jalan kedua adalah melalui jalur independen dengan sekitar 25 ribu dukungan KTP, yang tersebar di tiga kecamatan.”Jalur perseorangan jadi alternatif untuk maju sebagai calon walikota Kediri”. ujar Ronny.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, mengatakan “hari ini, Ahad (12/5/2024) adalah hari terakhir pendaftaran dukungan pasangan calon untuk jalur perseorangan”.

Menurut Endah, setelah menerima dukungan hari ini, akan ada verifikasi administrasi. Jika jumlahnya kurang atau administrasinya tidak memenuhi syarat, akan ada perbaikan. Setelah perbaikan dipenuhi, baru dilakukan verifikasi faktual. Jika sudah sesuai, mereka akan menunggu pendaftaran, yang bersamaan dengan pendaftaran dari partai politik pada tanggal 27 hingga 29 Agustus.

Dalam periode pendaftaran bakal calon perseorangan yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 Mei 2024 dan ditutup pada pukul 23.59 WIB, KPU Kota Kediri hanya menerima satu pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri dari jalur perseorangan. Untuk memenuhi persyaratan, bakal calon wajib menyerahkan berkas dukungan sebanyak 24 ribu dari tiga kecamatan di Kota Kediri, melebihi syarat minimal KPU Kota Kediri sebanyak 23.397 dukungan dari minimal dua kecamatan./tr

.

 

 

 

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya

google.com, pub-7374933357971941, DIRECT, f08c47fec0942fa0